Beginilah Cara Kapal Selam Naik Turun Permukaan Air

A-Sasada Blog-Kalo dengar kata kapal selam,apa yang muncul dalam pikiran anda?Kalo saya sih kepikiran pempek Palembang.
Eitts jangan salah fokus!,kita bukan bahas tentang kapal selam makanan,tapi beneran kapal selam yang biasanya di bawah laut,kalo bahasa inggrisnya submarine!.
Sekilas cerita dan sejarahnya :


Jadi gini gan,dulu orang zaman dahulu sebelum masehi ternyata manusia pake alat kaya buat snorkeling pas nyari ikan tapi bentuk sama bahannya ga kaya zaman sekarang.Kalo ga kebayang kaya apa,mungkin kaya yang dipake ninja hatori gan.
Contoh Gambar
Abis itu ada Catatan tentang Alexander The Great yang nyelam pake semacam tabung dari gelas sekitar tahun 332 SM.Lalu pada masa Peter The Great,dia merintahin Yefim Nikonov buat ngembangin kapal selam militer yang lengkap dengan senjata-senjatanya gan.

Contoh Gambarnya
(nelam pake semacam tabung)

Makin maju dan berkembangya ilmu manusia,kapal selam militer juga ngalamin banyak perubahan termasuk jadi salah satu "senjata mematikan" Jerman pada Perang Dunia ke I-II.Gimana gak mematikan gan,waktu Perang Dunia ke I saja U-Boat Jerman ngabisin sekitar 5.000 kapal musuh,terus di Perang Dunia ke II dia beraksi lagi dan berhasil nenggelamin hampir 3.000 kapal lagi.

PERNAH GAK KALIAN BERFIKIR CARA KERJA KAPAL SELAM ??

Berikut ini video cara kerja kapal selam :


Coba gan gimana cara kapal selam yang sekarang dibuat dari logam dan pastinya berat banget bisa "ngapung", "melayang"dan "menyelam" di dalam air,terus bisa nyelam ke laut yang lebih dalam.
Ternyata jawabannya Simple banget !


Kita harus berterimakasih kepada Bapak Archimedes yang menemukan prinsip ini.
Coba inget lagi deh gan,di pelajaran sekolah ada yang namanya Hukum Archimedes yang kira-kira bunyinya seperti ini :
"Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam air,maka benda tersebut akan mendapat gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya".




Prinsip ini juga jadi rahasia dibalik cara kerja kapal selam hingga saat ini,lho.Belum paham?Sini dijelasin lagi gan.

Jadi,menurut Hukum Archimedes yang berlaku buat semua fluida diatas , berarti benda bisa ngapung, "melayang",dan tenggelam dalam cairan,ini ada hubungannya dengan massa benda berbanding massa cairan kaya gini nih:

1.
Benda akan mengapung jika massa
cairan lebih berat dari pada massa benda (?b < ?f).



2.
Benda akan "melayang" di dalam air
 jika massa benda sama dengan massa cairan (?b = ?f).



3.
Benda akan tenggelam jika massa benda lebih tinggi
dibanding massa cairan (?b > ?f)




DAN JAWABANNYA ADALAH :

Mengacu pada Hukum Archimedes itu,berarti kapal selam harus bisa nyesuain massa jenisnya terhadap air kan ? Lah Gimana caranya coba ?

Rahasianya adalah....Tangki Pemberat !

Nah,jadi kapal selam punya yang namanya tangki pemberat diantara lambung dalam sama luarnya buat diisi air laut misalnya,yang mampu nurunin sama naikin berat kapal selam sampe bisa nyelam terus naik lagi tanpa masalah.Ada yang namanya katup udara yang berfungsi ngontrol jumlah air yang masuk ke tangki pemberat.

Kalo mau nyelam,tinggal isi air aja di tangki pemberat,kalo mau naik lagi ke permukaan,tinggal kurangin 
aja airnya.
Gampang kan ?Nah,kalo buat kapal selam militer ada yang namanya "lift" buat nyeimbangin pergerakannya terus dilengkapin sama teknologi canggih yang bisa ngendaliin kapal selam kaya mobil aja jadi bisa maju gitu wkwwkk :V.


Nah udah tau kan alesan kapal selam bisa naik sama nyelam di laut ?
Punya pertanyaan yang bikin kamu penasaran?Bisa Ane jawab di Artikel selanjutnya :v !.Kecuali masalah hati dan perasaan ya gan,ga sanggup anee wkwkwk :v.

~Sekian Artikel dari Ane,Semoga Bermanfaat~
:D

29 Responses to "Beginilah Cara Kapal Selam Naik Turun Permukaan Air"

  1. Penjelasan agan nya mirip pelajaran mtk gan :'v gak msuk di otak ane :v

    ReplyDelete
  2. wah bermanfaat sekali ilmunya gan, kita juga harus berterimakasih pada gravitasi ny newton nih

    ReplyDelete
  3. Keren nih postingan,,,, menambah pengetahuan gue yang awam, makasih gan udah berbagi ilmunya (y)

    ReplyDelete
  4. Ini pernah ada di pelajaran SMP, caranya sederhana tapi harus teliti karena takaran air yang masuk/keluar harus pas.

    ReplyDelete
  5. ternyata seperti itu ya gan, nyesel saya gak bisa fisika. ternyata banyak mnfaatnya -_-

    ReplyDelete
  6. Nambah wawasan sekali gan postingannya

    ReplyDelete
  7. ilmu baru nih buat ane. thanks gan udah share

    ReplyDelete
  8. anjaaay detail bener dah wakwakwka
    nais inpoh gan

    ReplyDelete
  9. jadi nambah ilmu. terima kasih atas ilmunya... :)

    ReplyDelete
  10. Nambah ilmu nih , btw saya belum pernah naik ini

    ReplyDelete
  11. ternyata gitu ya gan caranya biar kapal selam bisa naik turun

    ReplyDelete
  12. gan, gue nunggu artikel yang baru? (y) :v udah gue baca yang ini, keren..

    ReplyDelete
  13. Blog pelajaran. Jadi ingat IPA. Nice article.

    ReplyDelete
  14. keren infonya gan.. terima kasih..

    ReplyDelete
  15. ternyata begitu prinsip kerja kapal selam, jadi tambah ilmu nih thanks ea

    ReplyDelete
  16. Jadi seperti itu ya gan... Hmhm fisika pasti ini. Duh ane paling tidak bisa kalau masalah ginian wkwk

    ReplyDelete
  17. baru tau saya gan
    penjelasan nya sangat koplit dan bisa di mengerti
    kirain saya kapal selam tengelam karena bobot dari besi nya hehe
    setelah baca artikel ini saya tau sekarang pantesan kapal selam besar dan panjang2

    ReplyDelete
  18. baru tau bro ane, btw yang bikin kapal selam pinter amat

    ReplyDelete
  19. ternyata begini caranya :v

    ReplyDelete
  20. Baru tahu saja saya bagaimana Kapal selam bisa mengapung , Nice!!!

    ReplyDelete
  21. mantep gan artikelnyaa,baru tahu ane kwkwk
    ituu kenapa ada gambar ninja hatori wkakawkawk ngakak disitu ane gan kawkwak

    ReplyDelete
  22. hadeh postingan ilmiah nih, cocok banget buat pelajaran fisika. ngomong2 maaf ya, saya suka ngakak aja gitu sama pelajaran fisika, bola ngapung aja dihitung kecepatannya. kenapa ga dibiarin ngapung aja gitu? wkwkwk ampun gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel