Cara Cek Data Yang Telah Di Curi Dari Facebook

Data Facebook Di Curi

Cara Cek Data Yang Telah Di Curi Dari Facebook - Facebook diketahui telah mengumpulkan sejumlah data dari ponsel penggunanya. Informasi tersebut meliputi riwayat panggilan dan pesan pendek (SMS), baik yang diterima maupun dikirim oleh user tersebut.

Temuan ini diungkapkan sejumlah netizen di Twitter. Mereka mengetahuinya setelah mendownload file ZIP berisi data-data tersebut dari Facebook versi web.

Kebanyakan netizen yang mengeluhkan informasi riwayat panggilan telepon dan SMS mereka dicomot adalah pengguna smartphone berbasis Android. Mereka mengungkapkan bahwa data tersebut sudah direkam selama bertahun-tahun. Dengan begitu, Facebook pun bisa melacak pola komunikasi penggunanya, dan siapa saja yang sering mereka hubungi.

Sementara untuk aplikasi Facebook di perangkat berbasis iOS, belum ada laporan serupa. Facebook diketahui memang tidak memiliki izin untuk mengambil data tersebut pada iPhone. Terlebih, Apple memang membatasi akses pengembang aplikasi pihak ketiga dalam mengumpulkan informasi pengguna gadgetnya.

Facebook sejatinya sudah meminta izin akses langsung ke ponsel pengguna, ketika pertama kali menginstal aplikasi Facebook di Android. Namun, banyak pengguna yang menyepelekan atau bahkan tidak tahu mengenai hal ini.

Untuk mengetahui apakah Facebook merekam riwayat panggilan telepon dan SMS kalian atau tidak, kita bisa mengeceknya dengan cara berikut, seperti yang dibagikan sejumlah netizen.

1. Masuk ke General Settings (Pengaturan Umum Akun)
cek apakah data kita sudah pernah di curi facebook

Pada halaman profil Facebook, cari tanda panah ke bawah di sudut kanan atas. Akan muncul menu drop down, kemudian pilih General Settings (Pengaturan Umum Akun). Tampilannya seperti di atas.

2. Download data

Di bagian paling bawah akan ditemukan 'Download a copy of your Facebook data' (Unduh Salinan data Facebook Anda). Klik pada bagian tersebut untuk mulai mendownload data.

3. Start My Archive


Setelah link tadi diklik, akan muncul halaman Start My Archive (Buat). Pilih opsi pada tombol hijau tersebut. Kalian akan dimintai password Facebook untuk mulai mengumpulkan arsip. Tunggu beberapa menit, Facebook akan mengirimkan salinan riwayat aktivitas akun Facebook kalian.

Pastikan alamat email yang digunakan saat mendaftar Facebook masih aktif, karena Facebook juga akan mengirimkan file ini ke email tersebut.

4. Ekstrak file

Karena ukurannya yang besar, Facebook mengirimkan data ini dalam bentuk file .ZIP sehingga kita harus mengekstraknya terlebih dulu. Setelah file selesai didownload, klik kanan pada file lalu pilih opsi Extract.


5. Buka folder HTML

Ketika sudah diekstrak, akan muncul deretan folder file. Buka folder HTML. Folder ini menyimpan semua informasi aktivitas Facebook kalian secara detail, mulai dari profil, informasi kontak, timeline, foto, video, daftar teman, event, pesan, iklan, hingga aplikasi yang terkoneksi dengan Facebook.

Untuk melihat apakah panggilan telepon dan SMS kalian terekam Facebook atau tidak, buka file HTML bernama Contact_info. Scrol ke bawah untuk melihatnya.

Jika tidak ada riwayat telepon dan SMS, artinya data panggilan telepon dan SMS kalian tidak terekam oleh Facebook. Hal ini biasanya dikarenakan kontak ponsel tidak disinkronkan dengan Facebook mobile di Android.

Cara menonaktifkan sinkronisasi

Jika riwayat telepon dan SMS kalian terekam Facebook dan ingin menghentikannya. Kunjungi halaman Help Center (Pusat Bantuan) melalui tautan berikut.

Pilih opsi 'Messenger Contacts' (Kontak Messenger), pilih opsi 'How do I remove contacts I imported to Messenger app' (Mengelola Kontak yang Diimpor untuk Messenger).

Ikuti petunjuk, lanjutkan dengan klik opsi 'Delete all' (hapus semua). Opsi ini akan langsung menonaktifkan sinkronisasi aplikasi Facebook dengan ponsel Android.
Semoga Artikel ini bisa sedikit membatu kamu untuk mengecek data yang telah di curi dari facebook.

0 Response to "Cara Cek Data Yang Telah Di Curi Dari Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel